pelantikan ekskul di MAN parungpanjang

Posted: May 17, 2011 in jurnalistik

Dalam ajang pelantikan ekstrakulikuler tahun 2011 tepatnya taggal 13-15 mei, di hadiri oleh anggota ekskul  JOURNALIST, PMR, dan PASKIBRA. Dalam ajang pelantika kali ini jouralist mengadakan pelantikan ID card senior, Paskibra pelantikan ivolet, dan PMR pelantikan tingkat A.

Bagi journalist dan paskibra pelantikan kali ini adalah puncaknya dari segala pelantikan, karna ini adalah tahapan terakhir saat  junior dan langkah awal menjadi senior, pelantika adalah masa dimana paraanggota ekstrakulikuler mendapat  pendidikan diluarpelajaran sekolah, belajar menjadi pribadi yang lebih baik,  dan tentunya itu semua dapat membentuk karakter  dan sifat menuju kedewasaan.

Journalist sudah mengadakan pelantikan ID card junior, bedge, dan kali ini adalah id card senior, oleh karna itu parapeserta jouralist di tuntut untuk bisa berpikir cepat, bagai mana cara untuk menyampaikan informasi secara live (langsung),  mengapresiasikan bakat kejuralistikan yang dimiliki, dan bekerjasama untuk membuat mading dalam tempo yang sangat singkat.

Seputar pelantikan journalistik

Pelantikan kali ini adalah pelantikan yang paling menguras habis pikiran, tenaga, dan waktu saya, yang namanya pelantika pasti cape, kenapa di bilang cape, karna peserta hanya diberikan waktu selama 4 jam untuk tidur sedagkan pelantikan berlangsung 2 hari 1 malam, yah itulah pelantikan ekstrakulikuler, setelah 3 kali mengikuti pelantikan saya mulai mengerti apa manfaatnya,dan apa tujuanya pelantikan.

Manfaat pelantikan :

I.            Kita sudah melaksanakan peraturan ekstrakulikuler.

II.            Mendapat pendidikan moral diluar pelajaran dekolah

III.            Menjadi pribadi yang lebih baik, bertaggung jawab, dan menghargai apa yang sudah kita dapatkan.

Tujuan dari pelantikan :

1)    Untuk memperoleh pengakuan dari ekstrakulikuler.

2)    Mendapat atribut ekstrakulikuler ( ID CARD, BETGE, LAMBANG GARUDA, DLL)

Sekarang kita sudah taukan apa itu pelantikan, sangat disayangkan  ada beberapa teman saya yang tidak mengikuti pelantikan ini, ada pula senior yang menjadikan sebagai ajang balas dendam, tak semua senior seperti itu, banyak juga yang memanfaatkan ajang ini sebagai ajang berbagi pengalaman pada juniornya.

Satu dari sekian banyak senior jurnalis, ya itu Denies Nurhidyani yang perah menjabat sebagai pemimpin umum jurnalistik MAN parungpanjang tahun 2009 2010, yang sekarang sebagai mahasiswi semester 2 akademi kebidanan di salahsatu kampus suasta tangerang memaparkan opininya pada ajang pelantikan kali ini “saya merasa cukup senang,dan sedikit kecewa. Senang karna saya bisa bertemu dengan anggota jurnalistik yang masi punya semangat, walaupin yang mengikuti pelatikan hanya sedikt. Lalu saya kecewa karna antusiasisme terhadap acara pelantikan masih minim, padahal ini adalah pelantikan ID Card senior.” Begitu jelasnya singkat namun bermakna luas. Denies juga berpesan untuk semua anggota juralistik “ harus lebih percaya diri, kembangkan imajinasi kalian,dan jangan lupa selalu rendah hati and beri semanagt untuk geerasi selanjutnya”

Lain denies, lain pula Ira S. Farihah, ia adalah siswi MAN parungpanjang kelas X IPA 2 anggota Paskibra yang pernah mewakili MAN parungpanjang dalam lomba PURNA PASKIBRA KABUPATEN tahun 2011. Ira juga mengikuti pelantikan tingkat ivolet yang di selenggarakan selama 3 hari 2 malam sejak taggal 13-15 mei 2011, selama pelantikan ira memiliki kesan tersendiri pada pelantikan kali ini, “cape banget di pelantikan puncak ini, mungkin banyak yang berbicara bahwa ‘susah payah mati matian hanya untuk mendapatkan ivolet doang, padahal banyak di pasar’   sempat ingin menyerah, tapi ini pengalaman yang beda sama eskul lain, dari pelantikan ini gue bisa ngebina diri gue sendiri.”begitu ulasnya, Kayanya untuk ira ini bener-bener berharga banget ya.. selain itu Ira juga berpesan “jangan takut untuk melakukan hal yang kamu takutkan, karna itu adalah pengalaman berharga (the experience is the best teacher).” Oke deh ra, bener bangettu .

Demikianlah ulasan tentang pelantikan ekstrakulikuler di MAN parungpanjang. Pelantikan adalah Satu kata beda penafsiran namun  tetap satu tujuan, terbuktikan banyak pandangan tentang pelantikan namun hanya satu tujuan yaitu “pelantikan adalah proses pembelajaran dan bukan ajang balas dendam”.

Noer Fajrin

16 mei 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s