cra menulis di wordpress

Posted: January 4, 2011 in my frist note

Cara Membuat Posts / Artikel di WordPress

Posted by Agung Arifin on August 31, 2010 in Blog WordPress · View Comments

Sebelum saya mulai menjelaskan bagaimana cara membuat artikel di blog wordpress, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yg dimaksud dengan Posts.

Posts atau Posting adalah sebuah halaman yg kamu ciptakan di blogmu yg berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Umumnya, orang menganggap post itu adalah artikel blog. Jadi bila kamu memiliki sebuah blog, maka kamu harus membuat banyak post/artikel didalamnya agar blog kamu bisa dibaca dan dinikmati oleh pengunjung. Sebagai contoh, halaman yg sedang kamu baca sekarang ini adalah merupakan salah satu posts/artikel dari blog Agung Arifin.com.

Ok, sudah mengerti kan apa yg dimaksud dengan posts? Maka sekarang saatnya kamu akan mencoba membuatnya di blog wordpressmu.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk membuat sebuah post di blog WordPress.

Langkah 1

Login dulu ke blog wordpress dengan membuka http://www.wordpress.com dan mengisi nama user dan password lalu klik tombol login, seperti gambar berikut ini:

Langkah 2

Arahkan mouse kamu ke My Blog lalu pilih “Dashboard” seperti gambar berikut ini:

Langkah 3

Setelah halaman Dashboard terbuka,  cari dan lihat pada bagian sebelah kiri halaman terserbut, kamu akan menemukan beberapa menu Dashboard seperti: Dashboard, Upgrade, Post, Media, Links, Comments, Appearance, dsb.  Pilih dan klik: “Post – Add New” seperti gambar berikut ini:

Langkah 4

Halaman text editorpun akan terbuka. Disinilah tempat kamu akan menulis artikel post blogmu.  Untuk menuliskan sebuah artikel blog, hal yg perlu kamu lakukan pertama kali adalah menuliskan judul terlebih dahulu, lalu dibawahnya terdapat kotak untuk menulis artikel seperti gambar dibawah ini:

Langkah 5

Setelah kamu menuliskan artikel post, selanjutnya kamu akan membuat sebuah kategori. Kategori di wordpress artinya adalah pengelompokan artikel berdasarkan topiknya. Sebagai contoh, bila kamu tadi membuat artikel tentang Hari Pertama Ngeblog, maka kamu bisa mengkategorikannya dalam “Diary” atau bila kamu menulis tentang pohon Mahoni, kamu bisa mengkategorikannya artikel post kamu dalam kategori “Pohon”.

Untuk membuat kategori sangatlah mudah, coba lihat dibagian sebelah kanan tempat kamu menulis artikel, disitu ada tulisan Categories yg dibawahnya ada list kategori. Biasanya, kalau untuk blog baru sudah ada 1 kategori otomatis bernama “Uncategorized”. Namun, karena kamu ingin membuat kategori sendiri, maka kamu harus menambah kategori baru. Untuk membuat kategori, Klik: + Add New Category, lalu tulis nama kategori yg kamu inginkan, lalu tekan tombol Add New Category seperti gambar berikut ini:

Langkah 6

Setelah kamu selesai membuat kategori, maka selanjutnya kamu akan membuat Tags. Tags atau kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Kata Kunci” . Tujuan membuat Tags adalah, untuk memasukan katakunci-katakunci yg berhubungan dengan isi artikel.

Sebagai contoh: Bila kamu menulis sebuah artikel tentang pohon Mahoni, lalu kategori yg kamu buat adalah “Pohon” maka untuk Tagsnya kamu bisa buat “Hutan Lindung”, “Gunung Agung”, “Riset Penelitian”, “Kehutanan”, atau yg berhubungan dengan isi artikel tentang pohon mahoni. Jadi intinya, membuat Tags ini seperti mengelompokan artikel juga layaknya Kategori namun ini berdasarkan kata kunci.

Cara membuat Tags adalah: Coba lihat menu dibawah tempat kamu membuat  Kategori, maka kamu akan menemukan menu “Post Tags”. Untuk menambah Tags, tulis kata kuncinya (bila lebih dari satu kata kunci, gunakan tanda koma) lalu tekan tombol “Add”. Oya, kamu bebas mau buat berapa banyak tags/katakunci sesuka hatimu, asal tetap berhubungan dengan isi artikel.

Langkah 7

Setelah membuat artikel posts, menambah kategori, dan membuat Tags, sekarang artikel kamupun sudah siap untuk di publikasikan atau diisi ke  halaman blog kamu. Cara untuk mempublikasikan artikel posts ke blog kamu adalah dengan klik tombol publish yg berada disebelah kanan text editor tempat kamu menulis artikel seperti gambar dibawah ini:

Langkah 8

Selamat, Blog kamu sekarang sudah terisi dengan Artikel/Posts baru. Nah, untuk melihat bagaimana artikel yg kamu buat terlihat di tampilan halaman depan blog kamu, buka saja alamat url (domain) blog wordpress kamu  http://domainblogmu.wordpress.com. atau dengan cara klik judul blogmu pada sudut kiri atas dashboard/tempat menulis artikel seperti gambar dibawah ini:

Begitulah panduan singkat untuk membuat sebuah artikel post di blog wordpress.  Saya berharap nantinya kamu semua bisa membuat lebih banyak post/artikel di blog kamu jadi pengunjung blogmu bisa tetap update dengan informasi atau artikel baru.

Selanjutnya saya akan memandu kamu untuk cara membuat sebuah halaman atau pages di blog wordpress. Silahkan klik dan baca: “Cara membuat halaman / pages di WordPress”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s